Linux membawa hikmah…

Saya pertama kali mencoba memakai linux, tepatnya distro Mandrake 10.0 sekitar semester 5. Itupun “dipaksa” karena saya mengambil praktikum Sistem Operasi. Mau nggak mau, ya harus belajar. Soalnya saya nggak tenang klu nggak punya bekal untuk praktikumnya sendiri. So, saya selesaiin tuh soal-soal di modul praktikumnya, soal yang paling sulit nantinya “oleh-oleh” buat asistennya. He..he… Alhasil, pas praktikum nggak terlalu mengalami kesulitan. Dan.. saya dapet nilai yang “harus diupgrade terus” (baca : A). Alhamdulillah.

Nah, pengalamannya adalah waktu instal Mandrake, saya coba sendiri. Malem itu… gak bisa nahan diri untuk nyoba nginstall. Ya udah deh .. jadinya XP saya ketimpa dan data-datanya HILANG !!! hiks..hiks.. Klu data kuliah sih bisa dicari lagi, tapi data-data tutorial hsil download berjam-jam dan berbulan-bulan itu lho yang bikin sedih. T_T. Solusinya, saya bawa aja ke lab, minta tolong diinstalin… XP dan Mandrake 10.0.

Sekarang, saya pakai Feisty Fawn. Dan apa yang terjadi, emang dasarnya saya gak bisa nahan penasaran, so saya coba instal tuh distro (padahal udah dikasih tutorialnya lho…dasar bandel…, myheart.red). Lagi-lagi..dan lagi..lagi.. pengalaman “itu” terulang lagi. Nah, ini saya bener2 nangis.. lho.. Ya udah, nasi sudah menjadi bubur (kasih ayam, kecap jadi bubur ayam deh..hmmm..enaknya…). Akhirnya dengan penuh semangat, saya terus berusaha untuk memakai Linux dan mempelajarinya. Sempet illfill juga sih.. Tapi gak boleh nyerah.. akhirnya saya berhasil mengalahkan Linux, ya…walaupun hanya sedikit..SEMANGAT !!! Saya bisa install Linux sendiri, sedikit konfigurasi…

Tapi hikmahnya itu lho yang didapat..Harus bisa kendalikan diri…Ikuti petunjuk yang ada… Jadinya saya berpikir : klu instal linux aja gak ngikutin petunjuk alias sembarangan dan hasilnya adalah data-data pada hilang…Gimana hidup seseorang yang tidak ada aturannya sama sekali yach??!!

Dan Al Qur’an adalah satu-satunya petunjuk hidup saya.

Yunia Raventi|25Sep2007|@Lab.Komputasi STT Telkom|Pake Ubuntu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s