Tugas IV Kapita Selekta

Tugas IV Kapita Selekta – Arah & Trend SDM IT

Nama : Yunia Raventi

NIM : 113040289

Kelas : IF-28-G1

 

ARAH DAN TREND SDM IT

 

Saya menilai di kampus STT Telkom ini sedang hangat-hangatnya para mahasiswa (tidak ketinggalan pula mahasiswinya) untuk “ngoprek” Linux yang merupakan salah satu produk open source. Mungkin inilah yang saya pandang sebagai salah satu bentuk trend yang sedang berlangsung di kampus STT Telkom. Fenomena ini hanyalah sedikit cuplikan dari fenomena yang sedang terjadi di dunia IT secara global. Sebut saja WWW, software revolution, opensourcing, informing, outsourcing, dan steroid yang masing-masing secara “tidak sengaja” berkompetensi untuk membentuk sumber daya IT yang paling banyak digunakan di dunia (kekuatan IT terbesar di dunia). “Kompetensi” yang begitu ketat ini menunjukkan adanya “jiwa” IT yang “merasuk” dan melekat kepada pelakunya atau sering dikatakan sumber daya manusia IT.

Lantas, ”kompetensi” tersebut mau di bawa kemana ? Ini tentunya tergantung dari kebutuhan yang harus dipenuhi oleh IT itu sendiri. Dengan demikian pelaku IT dapat menentukan sikapnya dalam memikirkan strategi pemenuhan kebutuhan tersebut. Pelaku IT tidak hanya berasal dari kalangan produsen produk-produk IT atau konsep/ aturan IT secara formal (lembaga, badan, atau perusahaan), akan tetapi pelaku IT pasif (sebutan saya) juga tidak kalah pentingnya dalam mendukung perkembangan IT, yaitu pengguna produk/ jasa IT yang sering disebut dengan konsumen IT.

Misalnya saja dalam penggunaan internet untuk keperluan download, upload, chatting, dan lain-lain di Indonesia dengan jumlah total pengguna internet sebesar 18,000,000 dari jumlah populasi sebesar 221,900,701, internet penetration sebesar 8.1%, telah mengambil posisi 1.8% jumlah pengguna internet di dunia. Ini data dari eTForcasts Dec/05 dalam TOP 20 COUNTRIES WITH HIGHEST NUMBER OF INTERNET USERS. Dari data ini Indonesia menempati urutan ke-13. Hal ini juga menjadi indikasi akan kebutuhan IT berupa akses internet bagi penduduk Indonesia bukan lagi hal yang asing.

Menurut saya, kebutuhan tersebut menyebabkan “perjuangan” tersendiri bagi setiap individu IT untuk mengubah kompetisi perusahaan atau negara menjadi kompetisi personal. Dengan kata lain, masing-masing personal sudah berkeinginan untuk memajukan IT. Dari point ini, akan ditemukan kumpulan orang-orang yang memiliki keinginan yang sama sehingga terciptalah sumber daya yang luar biasa sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Maraknya blog-blog pribadi juga menjadi suatu indikasi adanya “semangat IT” yang sedang terjadi di dunia. Dampaknya pun dinilai cukup positif, karena dalam blog-blog tersebut dikemukakan suatu pengetahuan. Pengetahuan pun bermacam-macam, mulai dari promosi perusahaan dimana blogger itu bekerja, tutorial-tutorial yang dapat didownload dengan gratis oleh orang lain, maupun blog yang menyediakan layanan upload atau kirim komentar.

Sekali lagi, fenomena ini menunjukkan kekuatan IT personal. Diperkirakan tahun 2010, dunia akan dikuasai oleh SDM yang versatilist, artinya menggerus 40% lapangan kerja spesialis, dan diindikasikan bahwa akan ada dominasi SDM yang memiliki kreativitas (keunggulan defacto), kompetensi dan sertifikasi bertaraf internasional (keunggulan de jure) (Gartner Predicts 2006 Special Report). Saya ambil contoh blog. Dari blog, seseorang dapat melakukan knowledge sharing dan berdiskusi di komunitas maya, tampil menjadi tokoh, mampu mencreate suatu usaha kreatif dan unik yang dibutuhkan dan diakui masyarakat banyak. Inilah yang disebut dengan keunggulan defacto (saya kutip dari slide Pak Romi IlmuKomputer.com). Inilah yang menjadi arahan bagi SDM yaitu memiliki keunggulan defacto dan dejure, serta berjiwa versatilist.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s