Kejutan di Rumah

Ini tetesan cerita dari gelas bahkan lautan kehidupan seseorang yang sedang berjalan di jalannya yang ia merasa nyaman dan bangga dengan yang sudah ia dapatkan dan rasakan.
Melirik ke kanan kiri menyerap hikmah dari karakter setiap orang lain yang tentu berbeda-beda.
Kadang tercerap dengan jalan tersakiti namun juga kadang membuat bangga sendiri.
Ia ternyata terlupa dengan karakter saudaranya di rumah yang ia anggap saudaranya itu berada di anak tangga yang setidaknya satu tingkat di bawah ia berpijak.
Suatu masa berwaktu dan berkesempatan, memijaki rumpun rumput hijau di halaman dan mengantongi senyum dari naungan empunya yang tidak lain adalah keluarganya.
Betapa, luruh hati dan mungkin ego sudah terkikis dibanding tahun-tahun lalu di kala jatah hidup di dunia masih bertambah satu dari jatah yang sekarang.

Namun, bangga masih menaunginya karena mengenang masa berpaut tahunan yang gemilang di antara pengejar-pengejar ilmu.
Dawai-dawai gitar bergetar bersama dentingan waktu tepat dan terulur melihat dan melirik ke kanan ke kiri mencari pembelajaran.
Dan didapat suatu ego dulu yang tak terbalas sekarang. Satu lagi hikmah dari pembelajaran terhadap proses belajar mengatasi perasaan terhadap setiap karakter apa dan siapa yang ditemui. Diproses oleh akal dicerap dalam hati dengan kemampuan penyaringan terhadap partikel-partikel yang tidak baik, dan meloloskan partikel-partikel yang baik hingga memproduksi akhlakul karimah, meninggalkan yang mazmumah.

Kejutan sungguh mengejutkan diri dan jiwa ternyata yang di satu anak tangga di bawah, ternyata bukanlah suatu kegagalan, ternyata itu adalah prosesnya untuk berada di anak tangga yang sama dengannya bahkan di anak tangga yang lebih atas.
Rasa syukur tiada henti, yang semula setitik air, menjadi lautan syukur terhadap kemampuan menyerapi hikmah dibalik setiap apa dan siapa yang ditemui.
Semoga partikel-partikel kebaikan itu bahu-membahu bekerja sama agar mampu menjadi bongkah besar kebaikan dan termanifestasi dalam kehidupannya.

2 thoughts on “Kejutan di Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s