Kenapa TOPOLOGI ???

Suatu hari ada yang menanyakan kenapa blog ini bernama topologi. Sebenarnya sejak lahir sampai sekarang blog ini sudah mengalami perubahan nama sebanyak 3 kali. Hehehehe…

Alasan sementara adalah sy terinspirasi dengan suatu blog yang the owner beri nama blognya itu “STETOSKOP” (http://myhealing.wordpress.com/). Lalu, sy penasaran juga, apa sih artinya topologi. Dan, seperti biasa saya menanyakannya kepada mbak google [ketik manjur…eh..salah.., klik www.google.com]. Berikut beberapa kesimpulan dan komentar yang sy peroleh dan saya beri, dari masing-masing sumber walau mode “maksa” on.

http://id.wikipedia.org/wiki/Topologi

Jelas dari kata topologi, mengandung kata logos yang artinya ilmu. So, topologi adalah suatu ilmu. Ilmu ini mempelajari komponen spasial suatu obyek yang tidak berubah dalam transormasi bikontinu. Yang menarik adalah, suatu obyek tersebut dapat ditekuk, dilipat, disusut, direntangkan, dan dipilin tetapi tidak diperkenankan untuk dipotong, dirobek, ditusuk atau dilekatkan. Hmmm.. berarti ini ada suatu keterkaitan dengan flesibilitas. Oke, blog ini sy desain sedemikian rupa agar mempertahankan unsur fleksibilitas, dan bersifat terbuka namun tetap professional, serta tetap terpantau oleh pemilik blog.

Sifat yang tidak berubah pada topologi, dalam blog saya menekankan pada bahwasannya content yang dapat bermunculan di blog ini adalah bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Komponen spasial sendiri memiliki pengertian (http://geografionline.com/dok/rev/artikel/Pengenalan%20SIG.htm) suatu hubungan topologis yang menjelaskan posisi relatif suatu fenomena, kaitan sebab akibat fenomena, arah, keterkaitan, dan lain-lain.

http://www.total.or.id/info.php?kk=topology

Kalau dari link ini, yang dibahas adalah topologi dalam pengertian arsitektur computer jaringan. Jaringan yang keberadaannya ditujukan agar antar mesin dapat saling terhubung. Di blog ini juga, kita dapat membuka koneksi satu sama lain, yang hal ini sudah menjadi fungsi dasar sebuah blog. Tanpa melihat SARA, setiap personel dapat mengungkapkan pendapatnya secara professional, terarah, dan tentu dengan fungsi sensor dari pemilik blog ini.

Intinya sih, blog ini bersifat fleksibel, mengkoneksikan sesama, terbuka, terpantau, dan tanpa mengubah maksud pemilik untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s