Kira-kira apa ya yang harus dilakukan ?

Mengerikan ketika ada seorang yang lemah (sebut saja L) mengatakan : “Tega banget ya mbak, kamu sama saya. Saya cuma orang kecil. Klu mbak saat itu tidak menjanjikan saya uang, saya tidak akan terlalu banyak berharap. Kenapa sih mbak, mbak begitu kepada saya ?”.

Fyuuh, waktu saya mendengar cerita dari L, saya sempet merinding. L mengatakan bahwa ia sempat dijanjikan uang (dijanjikan lho.., bukan L yang minta) bahwa jika L berhasil membantu mbak tadi (sebut saja M) dalam suatu usaha pembelian rumah, maka L akan mendapat persen-an/komisi. Dan ketika si L berhasil, ternyata lupalah semua akan janji, dan impian L pun hilang menadapatkan sepercik uang dari segunung uang yang didapatkan M yang notabene dibantu oleh L. Betapa perasaan si L tadi kecewa dan sedih.

Saya ngeri sendiri.., saya takut diam2 saya juga ikut mendzalimi si L *Secara doa orang yang terdzalimi bersifat mustajab, walopun cuma mendengar kisahnya itu. Saya saat itu tidak tahu harus berbuat apa, selain menjadi pendengar yang baik dan mengatakan “Sabar ya L, ikhlaskan saja, semoga Allah SWT memberikan yang lebih baik dari apa yang L harapkan”.

Hmm..banyak fenomena yang terjadi di sekitar saya, dari anak durhaka sampai orang yang terdzalimi tadi.

Mata ini harus mampu membaca, melihat, menelaah sekalipun ia harus tertutup rapat. Bagi L, bukanlah uang itu, tapi janji yang terlanjur diucapkan oleh M, dan harapan L yang terlanjur merekah. *Secara si L sangat membutuhkan uang itu.

Posted in Uncategorized

6 thoughts on “Kira-kira apa ya yang harus dilakukan ?

  1. ya itu memang didzalimi, tapi salahnya bukan hanya oleh M saja, L pun punya kontribusi dalam melakukan kesalahan juga, seharusnya dalam perkara seperti ini, sebelum L mengerjakan, hitam di atas putih harus ada

    jujur saja, inilah kelemahan kita, nggak mau bikin hitam dan putih hanya gara2 hubungan dia dan kita adalah teman, padahal kalo ada hitam dan putih, segala urusan bisa jelas, dan M pun merasa punya kewajiban untuk memberi komisi kpd L

  2. Hmm…
    Secara ini saat yang tepat untuk menganjurkan beliau utk banyak berdo’a,setuju?
    Juga, jangan lupa kita minta utk dido’akan juga…secara do’anya mustajab(tapi, yg ini harus hati2 coz dia mau tidak?)
    “Manusia hidup untuk menghadapi masalah dan berhenti saat sudah mati”

    Fa bi Ayyi a Laa i robbikuma tukadzdzibaan (Ar Rahman)

  3. @aditya
    Yups..terkadang fenomena serupa tapi tak sama pun sering terjadi dalam kehidupan pergaulan kita. terkadang kita enggan dan segan mengingatkan orang yang dekat dengan kita jika ia bersalah. Saya sering bertanya2, katanya sayang, katanya mengaku ia adalah karib kita, tapi mengapa kita rela membiarkan ia terjerumus dalam kesalahannya, walopun cuma ngasih peringatan. Fyuuh.. sy takut di akhirat kelak, orang2 yang saya cintai menyalahkan saya akan diri yang enggan mengingatkan. *Ya Allah, jadikanlah diri ini termasuk ke dalam hamba-Mu yang suka mengingatkan saudaranya dalam kebaikan. Amin.

    @drfatnan
    iya, dalam keadaan terdzalimi pun, sabar adalah sikap yang paling Allah SWT sukai. Semoga si L tadi diberikan kesabaran oleh Allah SWT. Amin.

  4. hmmm,..
    di jadikan pelajaran aja ven,..
    terlalu berharap kepada selain Allah, cuma tinggal nunggu datangnya kekecewaan…

    ak ga bilang, ga boleh berharap lho y…
    cuma, biasa aja berharapnya,… 🙂

  5. hmmm,..
    di jadikan pelajaran aja ven,..
    terlalu berharap kepada selain Allah, cuma tinggal nunggu datangnya kekecewaan…

    “YUPS SETUJU. tp, sebenarnya klu qt menginginkan sesuatu dari seseorang (misal nilai A dari dosen. hehehehe…), tetep aja itu berarti kita berharap kepada Allah SWT, karena bagaimanapun juga semua atas ijin Allah SWT.”

Leave a Reply

