Rasulullah SAW telah wafat ….

Setiap pemilu diadakan di negara yang mengadakannya, pasti akan ada yang terganti dan yang mengganti, yaitu presiden dan wakil presidennya, bahkan perangkat-perangkat pemerintahannya. Setiap masa kekuasaan sudah selesai atau sudah tergeserkan, maka negara ini butuh pemimpin, misal presiden, tidak mungkin bangku kekuasaan itu kosong. Selalu saja ada yang mengganti, bisa dengan/bukan orang yang sama, dengan/bukan orang yang serupa. Apakah jika masih dalam perjalanan kekuasaannya pun, presiden tersebut meninggal, apakah bangku tersebut masih diharapkan diduduki oleh orang yang sama (yang telah meninggal tersebut) ataukah menunggu masa pemilu mendatang untuk mendapatkan penggantinya.
Presiden identik dengan kekuasaan dan pemimpin. Selain haknya untuk berkuasa, maka kewajibannya adalah untuk memakmurkan siapa saja yang dipimpinnya. Maka yang sebenarnya terjadi adalah tidak ada yang diganti, sekalipun masa kepresidenan telah selesai ataupun presiden tersebut meninggal, karena sebenarnya yang terjadi adalah fungsi kepresidenan yang diteruskan. Yupz, fungsinya sebagai pemimpin, tetap diteruskan, sekalipun presiden tersebut diganti orangnya atau meninggal dunia.
Dalam suatu masyarakat pemimpin (ulil amri) itu pasti ada.
“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya.” (QS. An Nisa 4: 59).
Sebagai orang awam, dari ayat ini jelaslah jika terjadi permasalahan, perbedaan pendapat (seperti yang sering terjadi di negara itu ^_^), maka yang harus dirujuk adalah hanya Al Qur’an dan Sunnahnya.
Sebagai yang dipimpin pun memiliki kewajiban untuk mematuhi pemimpin tersebut. Coba lirik hadits berikut.
“Anda wajib patuh dan setia pada pemimpin, baik dalam keadaan susah maupun senang, suka atau benci, dan biarpun merugikan kepentinganmu.” (H.R. Muslim).
Tetapi, pemimpin yang seperti apa yang harus dipatuhi. Coba lihat hadits berikut.
Laa thaa’ata fii ma’syiyati al Khaaliq (Tidak wajib taat pada makhluk yang menyuruh maksiat pada Allah swt.).” (H.R. Muslim)
Saya sebagai orang awam pernah punya suatu pengalaman dengan seseorang mengenai cara hidup dan terutama pola perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan Dien Islam ini, yang tiba-tiba orang tersebut berkata “Rasulullullah kan sudah meninggal”. Yupz, sodara2, Rasulullah adalah manusia seperti kita, yang pasti mengalami fase kematian. Tapi, apakah dengan ketiadaan Rasululullah bersama kita, menjadikan perjuangan tersebut terhenti, menjadikan Qur’an dan Sunnah tidak diberlakukan lagi atau dicampur dengan hukum lain ??
Apakah seperti itu ?
Bukankah Al Quran merupakan satu-satunya pedoman hidup manusia sepanjang masa sampai dunia ini kiamat. Bagaimana dengan as Sunnah ? Adapun As Sunnah adalah interpretasi Al Qur’an itu sendiri.
Ketika Assaiyidah `Aisyah Radhiallahu’anha ditanya mengenai kelakuan, perangai dan perjalanan hidup Rasulullah SAW maka beliau menjawab: yang bermaksud: “kelakuan dan perjalanan hidup beliau [Rasulullah SAW] itu ialah Al-Quran” (Hadis riwayat Nasai)

So, walaupun Rasulullah SAW dan para sahabat telah meninggal, perjuangan harus tetap dilanjutkan (tentu dengan pola perjuangan yang telah dicontohkan Rasulullah SAW) …. Selamat berkiprah dalam dunia perjuangan ^_^

6 thoughts on “Rasulullah SAW telah wafat ….

  1. Yupz, Q.S Ali ‘Imran:144, yang artinya :

    “Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul; sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh, kamu berbalik ke belakang (murtad) ? Barang siapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudarat kepada Allah sedikit pun; dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s