Instalasi dan Konfigurasi Huawei O2 Mobile Broadband USB Modem E160 dengan IM2 Broom Bastis

Tanpa bermaksud untuk promosi, saya mencoba bikin catatan untuk instalasi dan konfigurasi seperti di judul sambil latihan menulis😀 So, to the point saja deh.

Modem :

Kartu :

  1. Pertama kali yang dilakukan setelah beli modem dan kartunya adalah install.
    1. Sedikit informasi, harga modem dan kartunya dalam 1 paket di MegaComp beralamat BEC Lt. 1 Blok D – 1 seharga 660,000 (IDR), mungkin rekan-rekan ada yang tahu tempat penjualan yang lebih murah ? Silakan saja😀
    2. Berikut adalah system requirements untuk modem tersebut yang dapat ditemukan di box modem sebagai salah satu pendukung keputusan apakah Anda akan menggunakannya atau tidak [maaf tulisannya tidak jelas :D] :

    3. Instalasi. Seperti instalasi pada umumnya, berikut tahapan yang dilakukan :

     

  • Pasang modem di kompi seperti ini [kartu/USIM sudah dimasukkan ke dalam modem].

 

  • Dalam paketnya, ketika dibeli, modem ini tidak disertakan CD Instalasi. Otomatis ketika modem terpasang di kompi Anda, autorun akan dijalankan, jika beberapa saat tidak didapatkan autorun
    start segera, maka klik kanan di ikon lalu pilih autoplay atau autorun.
  • Sebenarnya, ketika modem+kartu ini dibeli, akan didapatkan Buku Petunjuk Instalasi dan penjelasan mengenai konfigurasi yang harus dilakukan.

     

  1. Then konfigurasi

    Tahapan selanjutnya setelah proses instalasi adalah konfigurasi.

  • Jalankan Mobile Partner yang telah terinstal di kompi Anda

     

  • Pilih menu Tools > Options

     

  • Pilih opsi Profile Management, kemudian klik New

     

  • Untuk konfigurasi awal, isikan data seperti berikut ini. Isikan Profile Name dengan im2 [atau terserah Anda]. Pada panel APN, pilih opsi Static dan isikan indosatm2. Pada panel Authentication, Access Number akan terisi secara default dengan *99#. Isikan User name dengan indosatm2, dan password dengan prabayar [selanjutnya, user name dan password ini akan diubah dan disesuaikan dengan user name dan password pada saat aktivasi kartu IM2].

  • Kemudian, pilih Advanced. Yang disetting cukup di panel Authentication Protocol Settings, lalu pilih PAP. Klik Ok.

  • Klik Save.
  1. Lakukan koneksi ke internet. Buka browser, akses misal ke situs www.google.com, kemudian otomatis Anda akan digiring ke situs indosatm2 untuk melakukan proses selanjutnya.
  2. Selanjutnya adalah aktivasi kartu IM2. Sewaktu melakukan aktivasi, saya lupa mengcapture, jadi maaf pada bagian ini tidak ada gambar😀, tapi tenang, proses aktivasi cukup mudah dilakukan. FYI, cara setting koneksi dapat ditemukan di bagian belakang voucher perdana.

     

  3. Ketika akan menggunakan modem yang sudah diinstalasi dan kartu yang sudah diaktivasi, maka akan diminta mingisikan PIN. PIN ini dapat ditemukan di belakang kartu USIM.

     

  4. Hasilnya ketika mencoba mengakses internet dari kosan [daerah Pelesiran, Taman Sari, trus agak2 masuk gang :D] adalah lumayan😀, tapi perhatikan waktu kapan saya menggunakannya😀. Namun, ketika saya berinternet ria di kantor [Jl. Kyai Gede Utama No. 12 Bandung – deket jalan DU] saya mendepatkan speed yang sama tanpa harus menunggu dini hari untuk mencoba internet.

     

  5. Terima kasih, just FYI.

 

13 thoughts on “Instalasi dan Konfigurasi Huawei O2 Mobile Broadband USB Modem E160 dengan IM2 Broom Bastis

  1. Wah,.mahal ya..
    Matur nuwun tutorialnya..
    Dahulu saya pakai IM2,Flash, Three, smart, Starone (dicoba semua🙂 ) tapi apa mgkin karena byk yg pakai ya,jadi lambat bgt..kalo udah kuota 2 giga terpenuhi..(tnyta emang biasanya promosi unlimited spt itu🙂 )
    Kalo saya pake Axis,hmm..sekedar berbagi,Axis yg 1 tahun, per bulan kuota 3 GB,Kec download 70 KBps, tiap bulan 105ribu..lmynlah utk kantong.

    Oiya, coba deh dipakai sambungan USB,jadi modem tidak langsung dicolok ke komputer..
    berdasar pengalaman :
    1. Modem tidak ikut cepet panas karena pengaruh komputer/laptop.
    2. Saat ada hujan&badai, lebih stabil kecepatannya.
    3. Kalo di daerah miskin sinyal, bisa utk memperkuat sinya.

    hehehe..saya kan bukan ahli IT,sekedar pengalaman saja🙂

    Keep writing,nice post!!🙂

  2. Saya pakai modem huawei o2 yg putih…dan kartunya flash.stelah sudah diinstall sudah seting di tools nya…tapi tetap di signal bar nya tak ada signal….kalau di klick connect.ga bisa jg…pesan balasan dr pcnya sbagai berikut.
    The device has been disconnetcted or unavailable.
    Bisa bantu ga ya apa nya yg salah…karena saya coba insttal di laptop teman ada signalnya stelah saya buka mobile partnernya. Tolong donk

  3. Huawei O2 yang hitam :p punya saya juga sering begitu. Klu saya, lepaskan modem dari port usb, terus pasang lagi.. diemin bentar, trus bisa. adakah solusi lain yang lebih baik ?

  4. bro, coba di daerah kelapa dua, kebun jeruk jakarta, kagak pernah dapet sinyal 3G nya … GPRS melulu… padahal settingan modem huawai e160 pakai broom gw sama dengan dirimu …. seperti nya mesti ke galery indosat atau ke kantor pusat nya sekalian buat browsing supaya dapat 3G

  5. Bung Daniel, sepertinya instalasi modem anda belum benar. Saya jg pernah mengalami spt itu. Coba uninstall program mobile partner, kemudian install lagi. Sebelum melakukan re-install coba anti virus/spyware di non aktifkan terlebih dahulu…met nyoba ya

  6. sebenarnya modem O2 dengan software Mobile Partner bawaanya paling gampang di setting. yang repot setting providernya (tertentu). saya akan coba bagi info setting flash unlimited atau apapun itu namanya, yg jelas dari terlkomsel. setelah mobile partnernya berjalan, pilih TOOLS, OPTION. pilih PROFILE MANAGEMENT, isi nama profilnya terserah anda (gak ngaruh walau pakai nama anda), lalu pada APN klik STATIC dan isi nama APN-nya INTERNET. kalau nomor aksesnya itu otomatis terisi. lalu klik tombol advanced, pada authentication protocol setting terserah anda mau pilih CHAP atau PAP (aku pilih dua2nya). lalu lagi pilih NETWORK. nah ini dia…pada NETWORK TYPE pilih WCDMA preffered (kalau anda mau jaringan HSDPA-nya berfugsi. yang ada prefferednya lah di belakang). Band-nya biarkan otomatis.pada REGISTRATION MODE, silakan lakukan secara manual dahulu, klik REFRESH, agar anda tahu ada tidaknya jaringa 3G-nya si provider. Kalo tidak ada….buang aja kartunya, ganti yang ada jaringan 3G-nya (Sorry…aku gak main 2G)…Good Luck!

  7. kalo mau update sofware mobile partnernya silahkan tanya om google…hati2 kalo update firmwarenya salah2 anda kecewa. jadi aku sarankan ganti software dashboardnya saja. versi firmwareku 11.609.10.00.158, versi softwarenya 16.001.06.01.500. awalnya aku kecewa saat ganti firmwareku…karna kecepatan modem yang 7.2 MB….berubah jadi 3.6 MB (alamaaaaakkkk)….aku coba untuk menggati dengan software firmware yang lama tidak bisa…karena tidak COMPATIBLE katanya sehingga minta password…hancur-hancur! Artinya versi firmware dari versi rendah ke tinggi bisa…tapi tidak untuk sebaliknya. tapi ada untungnya…dashboardnya jadi baru…bisa calling dan mms. DAN YANG LEBIH PENTING…..TRANSFER RATENYA BISA MENCAPAI PUNCAKNYA 390Kb/s (yang mana flash secara teori hanya bisa mencapai 384 Kb/s dan tidak pernah aku dapatkan sebelum aku ganti softwarenya baik itu firmware dan dashboardnya)…dengan kemampuan download 50 Kb/s. JADI SARANKU JANGAN GANTI FIRMWARENYA TAPI GANTI DASHBOARNYA SAJA….Good Luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s