antara Jasper, OBIEE, dan Pentaho

Pada tulisan kali ini, ijinkanlah saya share wawasan dari eksplorasi Business Intelligence. Namun pada kesempatan ini, saya akan menuangkan kesimpulan saya terkait aplikasinya saja. Sampai 23 Juni 2010 ada 3 kelompok aplikasi open source yang sudah saya eksplorasi, yaitu :

  1. JASPER

  2. OBIEE , dan
  3. PENTAHO

Saya katakan “kelompok” karena didalamnya terdapat banyak aplikasi dengan berbagai keperluan, diantaranya adalah ETL (Extract, Transform, Load) Data untuk keperluan data warehousing, Create Report, Analytic, Publish Report, Dashboarding, dll. Ketiganya adalah open source, yah lumayan untuk belajar2 Business Intelligence (BI).hehehe…

Menurut saya (per 23 Juni 2010) lebih mudah menggunakan OBIEE dan PENTAHO daripada JASPER😀

Pendapat saya tentang :

JASPER

Menurut saya agak ribet membuat report di JASPER. Tapi ini butuh eksplorasi lebih lanjut. Dan Setahu saya, fitur dashboard untuk jasper harus dibeli dulu a.k.a berbayar. :p Padahal dashboard ini penting untuk keperluan publishing semua report yang sudah dibuat (padahal tinggal dibeli aja ya :p)

OBIEE

Versi Oracle Business Intelligence Enterprise Edition (OBIEE) yang sudah saya eksplorasi adalah 10.1.3.4.1. Saya eksplorasi di Windows XP. Pada tulisan selanjutnya, insya’Allah saya akan share konfigurasi di Windows 7 Ultimate😀 (mo pelatihan dulu hehehehehe…)

Aplikasi ini terdiri dari :

– Dashboard (berbasis web) – Interactive Dashboard

– Create Report (berbasis web) – BI Answer

– Create Data Mart – Repository (berbasis desktop)

Nah, yang OBIEE, untuk dashboarding sifatnya open source lhoo😀 .

PENTAHO

Yang baru saya eksplorasi adalah PENTAHO Community Edition

Untuk melihat comparison antara Community dengan Enterprise Edition dari Produk PENTAHO, dapat dilihat di http://www.pentaho.com/products/enterprise/enterprise_comparison.php

Berikut adalah aplikasi yang digunakan, bisa Anda googling dengan nama aplikasi ini dan silakan Anda unduh aplikasinya. Jangan lupa dicoba ya aplikasinya *bagi yang berminat :p*

– Untuk report designer dapat digunakan : prd-ce-3.5.0-RC1 (aplikasi portable), ini tidak perlu diinstall

– pada biserver-ce-3.5.2.stable, terdapat aplikasi berbasis web :

    – Pentaho User Console di folder biserver-ce

    – Pentaho Admin Console di folder administration-console


Ini juga tidak perlu diinstall

pentaho-data-integration-3.1.2-windows-installer digunakan untuk melakukan proses ETL data

 

Selain aplikasi BI diatas, ada juga aplikasi
(www.sas.com) yang juga mudah digunakan (menurut saya) untuk keperluan BI, namun aplikasi ini “masih” berbayar…

Dan saya perlu eksplorasi lebih lanjut dengan SAS Strategic Performance Management-nya😀

 

Mudah2an dilain kesempatan bisa eksplorasi SPAGOBI (open source, http://www.spagoworld.org/xwiki/bin/view/SpagoBI/) dan IBM Cognos . Dan pada tulisan selanjutnya, mudah2an Insya’Allah bisa share instalasi, konfigurasi, maupun penggunaannya aplikasi2 BI ini. Pelan-pelan saja …. :p

 

Kesimpulan ini merupakan kesimpulan saya setelah eksplorasi sampai 23 Juni 2010. Silakan rekan2 dapat mengenalinya lebih dalam dengan melakukan eksplorasi.

Anda dapat mengunjungi situs berikut :

1. www.jaspersoft.com atau www.jasperforge.org (untuk Jasper yang open source)

2. www.pentaho.com

3. www.oracle.com (http://www.oracle.com/us/solutions/ent-performance-bi/enterprise-edition-066546.html)

 

Semoga bermanfaat ^___^

3 thoughts on “antara Jasper, OBIEE, dan Pentaho

Leave a Reply

